Senin, 10 Oktober 2011

Honda Absolute Revo Gampang Diseting

Mesin Honda Absolute Revo 110R punya seri NF110. Untuk keperluan balap, diprediksi gampang diseting. Beda sama generasi sebelumnya, C-Series 97 cc (100 cc) yang diterapkan di Astrea Prima, Grand, Supra sampai Revo.
Apa saja kelebihan Absolute Revo untuk pemakaian di balap. Nih alasannya.

BAUT BLOK LEBIH BESAR :
Baut tanam pengikat kepala dan blok silinder mesin C-Series diameternya cuma 5,20 mm. Sementara diameter drat cuma seukuran baut 10 (6 mm). Diseting kompresi tinggi sering nggak kuat. Baut kendur dan berakibat blok mangap.
Apalagi blok dibore up untuk ngejar volume 115 cc. “Jarak antara bibir liner dengan posisi baut tinggal 1 mm lebih dikit. Kalau mau ubah batangnya lebih gede, susah juga karena sudah sampai ke tepi liner.
Kondisi itu beda dengan absolute revo. Batang baut tanam lebih gede. Diameternya 6,20 mm, dengan diameter ulir 7 mm atau baut 11. “Digeber kompresi 13,5 : 1, nggak ada gejala rembes atau bocor. Jadi saya kira sampai 14 : 1 masih kuat.
Kelebihan lain, posisi baut dengan liner juga masih jauh, sekitar 6 mm. “Jadi selain tekanan saat kompresi nggak terlalu kencang, kalaupun batang mau diubah lebih gede dengan baut 12 juga bisa dilakukan. Tapi dengan batang sekarang sih, rasanya nggak perlu diubah.

PENDINGINAN HEAD LEBIH BAGUS
Desain mangkuk penutup kepala silinder juga tampak lebih besar dibanding generasi Honda sebelumnya. “Jadi daya tampung oli yang mendinginkan head, kem dan lainnya yang ada di bagian depan lebih banyak. Otomatis, lebih dingin. “Dulu kan sering ada maslaah kepanaasan karena pendinginan kurang di bagian depan itu.

BEARING KRUK AS LEBIH GEDE
 Hal lain yang beda lagi adalah ukuran laher kruk-as. “Dulu, kruk as patah biasanya di posisi bearing yang batangnya kurang kokoh. Sekarang, laher sudah lebih gede. Jadi, efeknya kruk-as lebih kuat lagi.

ROCKER ARM MODEL ROLLER:
CUKUP MAIN SETELAN KLEP BUAT UPGRADE POWER MESIN HONDA ABSOLUTE REVO
Pelatuk atau rocker arm sebagai penggerak katup AR seperti di Supra X 125. Menganut model roller, putaran kem halus dan ringan gesekan. “Untuk balap menguntungkan karena kem banyak digerinda ulang. Sistem roller bisa meredam gejala kem tidak halus.

trik buat upgrade power mesin Honda AR ini cukup main setelan klep saja maka tenaga pun pasti berubah. Klep yang dimaksud disini yaitu memainkan clearance, mengkombinasikan celah klep dengan ukuran yang berbeda untuk klep masuk dan klep buang. Dari hasil uji dengan alat Dynotest, peningkatan power memang terbukti.
Yang perlu diketahui, setelan klep standar absolute Revo adalah 0.10mm, baik untuk masuk maupun buang.  Sehingga perlu dirubah kombinasinya untuk klep masuk dan buang agar terjadi perubahan karakter mesin.  Tentu  dengan ubahan stelan klep ini akan berpengaruh antara lift dan durasi buka dan tutup klep melalui durasi noken as.  Otomatis isapan bahan bakar – udara oleh piston pun berbeda dan mampu merubah karakter mesin.
Data ukuran celah klep yang dijadikan kombinasi adalah 0,08mm , 0,10mm , 0,12mm , 0,15mm dan 0,17mm.  Dari data tes didapat perbedaan karakter mesin.  Tinggal pilih saja, ingin kejar top speed atau akselerasi perkotaan.  Top speed identik dengan power besar sedangkan akselerasi identik dengan torsi yang dicari.  Jadi mudah untuk menentukan celah klep yang paling pas dengan kebutuhan kita.
Data hasil dyno test –nya bisa dilihat di tabel berikut :
Kalo data test dyno dibawah menunjukkan bila bahan bakar kita ganti dengan oktan yg lebih tinggi seperti pertamax.  Terlihat bahwa dari setelan standar saja dia bisa mencapai 8,3dk untuk power dan 9,6 Nm untuk torsi.
















Klep in (mm)
Klep out (mm)
Tenaga (dk)
Torsi (N.m)
0,10mm (standar)
0,10mm (standar)
8,2
8,99
0,08 mm
0,10 mm
8,3
9,22
0,10 mm
0,12 mm
8,2
9,25
0,15 mm
0,17 mm
8,2
9,29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar